Tentang Kawuladesa

Merupakan wujud gerakan sosial gerakan sosial yang dapat menciptakan interaksi tanpa batas dengan dunia luar sebagai upaya pemeberdayaan masyarakat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kawula/ka·wu·la/n1 hamba sahaya; budak; abdi; 2 rakyat dari suatu negara; orang yang di bawah perintah suatu negara; pengikut; 3ark saya; aku (untuk menghormat): — tidak dapat ikut ke sana, Gusti;

— desa kesatuan wilayah yang dihuni oleh sejumlah keluarga yang mempunyai sistem pemerintahan sendiri : — desa menggagas media interaksi.
 
Jadi berdasarkan etimologi, Tabloid KAWULADESA versi redaksi adalah sebuah media yang menjadi sarana dan wahana interaksi massa yang  terlembaga dan menjalankan kegiatan jurnalistik secara teratur dengan menggunakan media cetak, media elektronik, media radio dan segala jenis saluran yang tersedia melalui semangat dari, oleh dan untuk masyarakat desa dalam membangun Indonesia.

Halaman yang anda kunjungi saat ini kemudian diracik dan dikemas sedemikian rupa di dapur redaksi menjadi bacaan berformat tabloid yang berisikan tentang kemerdekaan pers dalam mencari, memperoleh dan menyebar luaskan gagasan dan informasi serta menjadi fungsi pendidikan, hiburan dan kontrlol sosial.

Dengan mengadopsi tag line; Sutoro Eko “Desa Membangun Indonesia” telah lahir secara fitrah, Tabloid KAWULADESA yang bukan saja berkonten tentang sebuah corong informasi dan penyampai risalah bak sebuah novel yang beralur secara kronologis, namun lebih dari adanya sebuah keberpihakan tentang adanya pengawalan atas penerapan UU Desa nomor 6 tahun 2014 serta menjadi dogma atas isu-isu yang inspiratif, produktif, edukatif dan informatif.

Seperti jargon “bertenaga secara sosial, berdaulat secara politik, berdaya secara ekonomi dan bermartabat secara budaya” yang kemudian menjadi Catur Sakti Desa adalah tujuan penerbitan Tabloid KAWULADESA yang pada kesempatan kali perdananya menampilkan gagasan tentang konsep usaha PETRAKOP, informasi seputar kebudayaan “Daul Combo Dug 2017” di Madura, dan tulisan-tulisan lainnya yang bersifat informatif dan menghibur.

Dalam menjalankan peranannya memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui, menegakan nilai-nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum dan hak azazi manusia serta meng-hormati kebhinekaan, tim redaksi Tabloid KAWULADESA diisi oleh personil yang konsisten dan berdedikasi terhadap proffesinya.

Demikian juga dengan strategi melibatkan langsung “orang dalam” yang memang berasal dari desa dan sudah barang tentu paham dengan situasi, kondisi dan peristiwa yang terjadi dilingkungannya.
Berharap kedepan, melalui pengalaman dan dukungan berbagai pihak Tabloid KAWULADESA mampu berkompetisi dengan media sejenis lainnya yang menjelajah secara nasional.